Iklan Terkait

Sabtu, 12 Maret 2016

Marulloh Marketing Executive Free Line

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Kali ini saya ingin posting tulisan mengenai minat bisnis dan keahlian saya dalam bidang yang saya agap saya kuasai. Pengalaman saya  pernah bekerja di sebuah PT. yang masih baru lebih 1 Tahun. Dari situ awal saya bisa berjualan produk material dari distributor melalui internet atau online. 
Perusahaan dulu tempat saya bekerja bergerak di bidang jasa atau kontraktor insulation hot & cold pipa & tangki. Jadi pekerjaannya yaitu  isolasi panas dan isolasi dingin, isolasi panas untuk pipa, tangki menggunakan material  rockwool , glasswool, ceramic fiber isowool. Caranya lapisi pipa dengan rockwool jenis blanket atau menggunakan rockwool jenis pipe cooper , kelebihan rockwool jenis blanket yaitu kita tinggal memasang rokwool dengan membalutkan saja ke pipa tersebut tanpa kesulitan menyesuaikan ukuran diameter pipanya. Namun pemasangan harus di kerjakan oleh para tenaga ahli specialist insulation dan jacketing setelah rockwool di balutkan  ke pipa lalu ikat rockwool dengan kawat agar tidak terlepas dari pipa dan membentuk linkaran di meter pipa, setelah terikat lalu langkah selanjutnya menutupi atau membungkus rockwool dengan plat aluminium mengikuti bentuk pipa , cara plat aluminium di bentuk lengkungan dengan mesin roll manual setelah membentuk langkungan lalu di pasang dengan menggunakan paku rivet atau menggunakan screw. Cara dan langkah tersebut dilakukan mengikuti ukuran dan panjang pipa atau tangki yang akan di isolasi. Namun jika menggunakan rockwool pipe cooper pemasangannya hanya menyesuaikan saja diameter dalam pipe cooper rockwool dengan diameter pipa yang akan di isolasi.
Dari tulisan di atas itu yang saya tahu tentang bidang jasa perusahaan tempat dulu saya bekerja. Jadi inti nya perusahaan itu menyedia / supply barang material dan jasa isolasi  panas dan dingin :
Jasa yang di tawarkan :
1.      Isolasi peredam panas dan dingin pipa, tangki.
2.      Jacketing Pipa dan Tangki
3.      Pembuatan Ducting AC, cerobong asap dll
Jenis Material yang di tawarkan :
1.      Glasswool (peredam panas)
2.      Rockwool  (peredam panas)
3.      Armaflex (peredam dingin)
4.      Calsium Silicate (peredam panas)
5.      Ceramic fiber blanket (peredam panas)
6.      Aluminium Plate.
Dari poin – poin di atas itulah perusahaan tempat saya bekerja dulu yang dikerjaan dan di tawarkan kepada para calon customer dan client. Lalu tugas saya yang membuat surat menyurat tentang aktifitas itu di mulai dari surat penawaran , PO, sampai dengan surat jalan saya yang mengerjakanny. Tidak cukup sampai di situ soal periklanan dan promosi di internet pun saya yang melakukannya dan sampai pada pengirimin barang ke tempat customer saya pun yang mengantarkannya. Pada awalnya saya memang merasa terbebani karena banyak sekali yang di kerjakan dan begitu melelahkan jika harus melakukan pengiriman barang hingga pulang larut malam. Tetapi saya coba mendalami dan mempelajari apa yang saya kerjakan waktu itu. Hingga pada suatu waktu saya sadar saya bisa menguasai product knowlage. Memahami cara kerja bisa menjelaskan kepada customer dan lain-lainnya. Akhirnya pengetahuan itu saya tuangkan ke internet dengan membuat artikel-artikel melalui blog, facebook, website periklanan seperti berniaga.com dan tokobagus.com yang sekarang sudah berubah menjadi olx.com. Dan berbagai macam website promosi saya iklankan tentang produk dan jasa yang bisa saya tawarkan. Namun dari artikel yang saya buat ada beberapa iklan yang agak sedikit keluar jalur. Yaitu produk peredam panas untuk atap saya menawarkan glasswool untuk meredam panas untuk atap. Namun selain glasswool ada beberapa matrial yang menjadi peredam panas atap :
Material peredam panas atap :
1.      Aluminium foil
2.      Aluminium Foil Bubble
3.      Aluminium foil woven/karung plastik yang di lapisi foil.
4.      Aluminium Foam Foil.
Ketika itu ada yang telfon kekantor dan mengirimkan surat penawaran untuk material aluminium foil bubble. Namun saya tidak mengerti material itu. Dan saya tanyakan kepada atasan saya dia pun belum pernah mempunyai material itu dan belumpernah mengerjakan peredam panas menggunakan material tersebut. Intinya atasan saya kurang paham. Lalu saya di suruh untuk mencari distributor barang material tersebut di internet dan mencari siapa yang menjual barang tersebut dengan rasa penuh dengan tanda tanya dan sedikit ragu-ragu akhirnya saya mencari material tersebut dan siapa yang menjual produk tersebut di Bekasi atau sekitar Jakarta Timur. Akhirnya saya mendapatkan material Aluminium foil bubble tersebut dengan harga dan berserta alamat si penjualnya. Dan saya laporkan kepada atasan saya ini pak produk dan harganya sudah saya dapat kan di daerah bekasi. Lalu dia menyurh kembali kepada untuk membuatkan penawaran tersebut kepada customer yang meminta material aluminium foil bubble kemarin dengan menaikan harga yang didaptkan dan di tambah kan ppn 10% untuk pajak di dalam surat penawarannya. Akhirnya saya buatkan dan saya kirim kan surat penawaran tersebut  kepada calon customer , dan saya pun mengkonfirmasi kepada customer tersebut dengan menghubungi nya via tefon. Dengan rasa senang dan gembira saya sudah menyelesaikan pekerjaan saya itu. Namun tersnyata itu bukan hanya pekerjaan saya tetapi pengalaman dan ilmu pengetahuan untuk saya yang sampai saat ini saya masih gunakan.
Kemudian ke esokan harinya saya tanyakan kembali kepda calon customer tersebut namun jawaban yang kami terima ternyata harganya terlalu mahal dan dia sudah mendapatkan material tersebut dengan harga yang lebih murah dari yang saya tawarkan. Setelah saya pikirkan ya jelas saja dong , dia tahu informasi dari internet untuk menanyakan material tersebut kepada saya, dan bisa saja bukan hanya kepada saya namun menanyakan kepada beberapa sumber dari internet yang di cari dia browsing informasi siapa yang menjual pproduk tersbut dan saya pun mencari juga di internet jelas saja harga saya sudah pasti lebih mahal kan sudah di naikan 10 % dan juga PPN. Namun belajar dari situ saya  pun berfikir untuk mendapatkan atau mencari sumber , distributor, penjual yang tidak memalui dari internet, namun bagi saya cukup sulit untuk mendapatkan itu karena kan saya belum banyak relasi tentang material tersebut atasan saya menyuruh saya mencari di internet. Berarti harus saya pelajari lebih dalam lagi persoalan seperti ini. Saya hanya bisa berdoa saja dan melakukan pekerjaan saya sepertia biasa saja. Seiring waktu berjalan atau mungkin seminggu kemudian. Ada yang telfon menghubungi kepada saya ingin menawarkan produk materiaal peredam panas untuk atap untuk gudang , kantor pabrik dan lain-lain dia mengatakan ingin mengirim kan sample , daftar harga dan katalog produknya. Lalu dengan senang hati saya menerima tawaran tersebut dan diminta kirimkan saja sample, daftar harga, dan katalog produknya tersebut ke alamat kantor di Jakarta Timur. Dan setelah saya lihat daftar harga nya ini jauh lebih murah dari yang waktu itu saya tawarkan kepada calon customer saya. Akhirnya katalog dan daftar harga itu menjadi acuan saya untuk menawarakan produk – produk peredam atap di internet.
Setahunn telah berjalan akhirnya saya memutuskan untuk hijrah dan pindah dari perusahaan tersebut dengan beberapa alasan yang saya tidak bisa sebutkan satu persatu namun alasan yang paling mendasar dari hati saya itu karena salary atau gaji yang kurang mencukupi untuk saya. Pada waktu itu tahun 2014 gaji pokoknya diperusahan itu cuman 1,5jt per bulan uang transpot plus makan 20rb perhari di total dalam sebulan mendapat gaji 1,9jt tidak samapai 2 jt perbulan untuk memenuhi kebutuhan hidup istri dan anak saya. Jadi saya memutuskan memasang iklan mencari pekerjaan di internet dan kebetulan langsung dapat tawaran menjadi admin juga posisi yang sama tetapi bidang nya saja yang berbeda dan gajipun 30% lebih besar jadi saya memutuskan untuk pindah kerja.
Tetapi walaupun saya pindah kerja dari perusahan tersebut banyak calon customer yang masih menanyakan jasa dan produk mengenai material peredam panas , peredam suara , peredam atap, kebetulan pada waktu itu saya sudah mendapat kenalan dengan orang yang sudah lumayan pakar tentang bidang pekerjaan tersebut, jadi ketika ada orang yang minta pekerjan atau jasa saya berikan info kepada kenalan saya tersebut  dan sampai pada akhirnya pekerjaan tersebut selesai maka saya mendapatkan komisi. Namun untuk material yang saya tawarkan saya tahu berapa persen untuk menaikan dan menawarkan harga kepada calon customer. Jadi lumayankan dari pengalam pekerjaan saya yang lalu saya masih bisa mendapatkan tambahan penghasilan.
Itulah beberapa pengalaman dan keahlian yang saya miliki, namun pesan yang saya sampai di tulisan ini adalah bukan untuk menawarkan dan menjual produk peredam panas seperti yang tertulis di atas. Di sini saya ingin menawaran kerjasama kepada Bapak / Ibu yang mempunyai  produk atau material apa saja boleh mengirimkan sample , Daftar Harga dan Katalog kepada saya pelajari dan saya buatkan artikel untuk saya promosikan dan saya jualkan produk bapak dan ibu dengan kesepakatan saya mendapat diskon atau komisi yang bapak/ibu tawarkan . Jika bapak dan ibu berkenan mengirimkan sample , daftar harga , dan katolognya silakan untuk menghubungi saya :      
    
BIODATA PENULIS
Nama       : Marulloh 
No HP     : 0856 9453 7011
Email       : ullohkeren@gmail.com
Alamat     : Jl Kali Baru Desa Tridaya Sakti Kec. Tambun Selatan Kab Bekasi

Pasar Tambun Online
Pasar Tambun Online Updated at:
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar