Iklan Terkait

Senin, 29 Februari 2016

Busi Basah Karena Oli Mesin Dari Pembakaran Yang Kurang Sempurna



Busi Basah Karena Oli Mesin Dari Pembakaran Yang Kurang Sempurna 

Assalamualaikum Warrahmatullahi wabarakhatu.
Pada hari sabtu kemarin ketika saya pulang dari kerja, sepeda motor saya di gas nya tidak begitu enak kayaknya berat banget maklum motor sudah sepu , motor Honda kharisma 125 tahun2003. Plat semarang namun saya pakai di bekasi di kawasan jababeka cikarang. Namun motor saya tersebut masih bisa berjalan dengan benar, hanya gas nya saja sangat berat dan motor berjalan lambat.  Dalam hati saya memang penasaran untuk melihat keadaan mesin motor saya. Tetapi keadaan saya masih di jalan jadi saya tunggu samapai rumah dulu nanti baru saya akan bongkar.
Menurut filing saya pasti businya yang basah karena oli mesin dari pembakaran yang kurang sempurna. Ketika saya sudah samapai di rumah maka motor saya pun dengan menurunkan gas nya langsung keadaan mesin mati dikarenakan kurang langsam. Sampai istri saya pun berkata kepada anak kami motor ayah langsung mati.  Melihat ayahnya yang baru pulang kerja. Tetapi sejenak saya beristrihat dahulu dan meminum air putih segelas untuk membasahi tenggorokan yang sudah kering karena perjalanan yang begitu menegangkan karena takut motornya mati di jalan hehehehehe…..
Setelah itu baru saya membongkar body motor stu persatu dari mulai sayap dan baut-bautnya. Setelah itu pembongkaran langsung menuju kearah pusat masalah yaitu busi yang kemungkinan basah. Ternayata benar busi motor basah dikarenakan oli pembakaran warnanya pun busi tersebut hitam dikarenakan karbon hasil pembakaran bensin yang tercampur dengan oli, akhirnya busi pun saya bersihkan dengan obeng dan amplas untuk menghilangkan karbon yang berawarna hitam yang menempel di busi.
Setelah itu saya pasang kembali busi yang sudah di bersihkan tadi dengan harapan agar motor tersebut hidup kembali dengan normal , namun keadaannya sama saja motor pun jadi susah hidup dan gasnnya masih berat, dengan penasaran saya menuju kearah karburator sambil menebak-nebak mungkin permasalahan nya ada di situ, caranya dengan memutar setelan angin dan bensin yang ada di karburator tetapi sama saja ternyata malah tambah kacau saja setelan karburator tersebut. Jadi mesin susah hidup dan masih terasa berat gasnya. Sambil menggaruk-garukan kepala yang mulai gatal dikarenakan jarang keramas dan timbulnya keringat di pori-pori rambut kepala saya pun melihat –lihat kebagian vital  yang ada di mesin motor. Namun saya curiga ada kemungkinan di filter udara karbu rator kemasukan oli kembali seperti beberapa bulan yang lalu saya pernah membersihkannya. Dengan alat seadanya saya coba mengedorkan screw/baut yang menempel di filter udara karburator tersebut. Belum sempat terbuka semua baru satu baut yang saya kendurkan maka meneteslah oli dari filter sebut. Langsung saya melanjutkanmembuka screw yang lainnya pada filter karbu tersebut. Ternyata terdapat endapan kotoran dan juga oli yang cukup banyak dari filter tersebut. Dari situ saya baru tahu titik permasalahannya dari filter yang membuat gas motor saya jadi berat.
Lalu saya mencari asalny oli kenapa bisa ada didalam filter karbu motor saya. Ternyata dari filter ada selang udara yang terhubung dari mesin atau saya sebut saja crangcase mesin motor. Ternyata dari mesin ada selang udara yang terhubung ke filter karbu, dan itu disebut selang pernapasan mesin kalo kata orang bengkel bilang. Dan saya pun bertanya kepda teman saya yang pahan dengan perbengkelan , kenapa dari selang pernapasan mesin menimbulkan asap yang cukup banyak ? kata teman saya itu dikarenakan bocornya kompresi dari piston atau ring piston / seheur/ zeher atau apalah sebutannya.
Untuk sementara agar motor saya agar tetap hidup saya melakukan beberapa hal :
1.       Saya bersihkan busi.
2.       Saya bersihkan filter karbu
3.       Saya tambahkan oli mesin karena sudah pasti berkurang banyak karena mengendap di filter karbu.
4.       Melepas selang udara yang dari mesin karena mengeluarkan asap dari kebocoran piston.
Saya pun browsing beberapa artikel mengenai terjadinya asap dari selang pernafasan mesin motor bebek charisma 125 4 tak. Berikut artikel yang saya dapat dari internet.
kali ini saya akan membagi info sederhana tentang penyebab oli keluar di saringan udara atau selang pernapasan pada sepeda motor, kejadian ini sebenarnya juga terjadi pada motor saya, baiklah langsung pada persoalan, ada beberapa hal yang dapat menyebabkan itu terjadi, diantaranya ialah:
1. Oli mesin terlalu banyak
Oli yang yang terlalu banyak yang melebihi batas yang telah ditentukan oleh merk pabrikan sepeda motor anda, hal ini dapat menyebabkan oli meluap hingga kesaringan udara melalui selang pernapasan, sebab oli yang berada didalam mesin tidak mampu bersirkulasi dengan baik sebab daya tampung blok mesin yang tidak sesuai, sehingga pada saat mesin hidup oli akan terbuang keluar lewat selang pernapasan.
cara mengatasinya: Kurangi oli hingga batas kelayakan hal ini dapat dilihat pada alat ukur yang terdapat pada penutup oli mesin.

2. Oli yang digunakan palsu
Sekarang sudah marak produksi oli palsu tapi dengan kemasan merk ternama, hal ini dapat menyebabkan oli meluap ke saringan udara melalui selang pernapasan sebab kekentalan oli tidak sesuai dengan kekentalan yang dibutuhkan kendaraan hal ini juga dapat menyebabkan komponen mesin cepat aus dan juga cepat panas.
cara mengatasinya: segera ganti oli anda dan sebaiknya anda mengganti oli pada bengkel resmi kendaraan anda ataupun pada bengkel yang sudah anda kenal.

3. Ring kompresi piston aus
Ring piston aus, selain dapat menyebabkan motor kekurangan tenaga juga dapat menyebabkan oli keluar ke saringan udara melalui selang pernapasan, ini disebabkan karena tekanan kompresi dari hasil pembakaran mesin mengalami kebocoran sehingga tekanan kompresi yang ada tidak tertahan sepenuhnya pada ring piston, melainkan sebagian tekanan kompresi menembus ruang mesin dan menyebabkan oli pada ruang mesin terdorong keluar dari mesin melalui selang pernapasan menuju saringan udara.
Cara mengatasinya: segera ganti ring piston yang baru, sebaiknya diganti dengan suku cadang yang asli.
Demikian postingan sederhana ini semoga bermanfaat. wassalam...
Pasar Tambun Online
Pasar Tambun Online Updated at:
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar