Iklan Terkait

Sabtu, 25 Juli 2015

Cara Merawat dan Memelihara Hamster untuk Pemula







Hallo sahabat netter kali ini saya memberikan informasi tentang merawat dan memelihara hewan Hamster untuk pemula.

Hamster adalah hewan lucu yang dapat dijadikan hewan peliharaan. Hewan yang termasuk hewan pengerat ini cukup menyenangkan untuk dijadikan hewan peliharaan karena memiliki ukuran yang kecil sehingga lucu untuk dipegang dan juga sangat mudah dalam hal perawatannya. Selain itu juga merawat dan memelihara hamster tidak memerlukan kandang yang besar dan juga biaya yang besar. 

Kandang hamster bisa menggunakan baskom plastik , ember plastik dan tentunya kandang hamster yang banyak di jual di toko-toko atau di pinggir jalan yang sering kita jumpai.
Namun jika anda adalah orang yang baru mau memelihara hamster maka ada beberapa hal yang tentunya harus anda ketahui tentang bagaimana cara merawat dan memelihara hamster yang baik dan benar. Banyak pemula yang tidak mengetahui bagaimana cara merawat dan memelihara hamster yang benar sehingga banyak hamster yang mereka pelihara mati. Untuk itulah saya akan memberi tahukan bagaimana cara merawat dan memelihara hamster untuk pemula yang baik dan benar.
  • Hal pertama yang harus di lakukan jika anda ingin memelihara hamster adalah jangan pernah menebar makanan di dasar kandang hamster anda. Hal tersebut dikarenakan akan membuat kandang hamster anda menjadi cepat kotor dan juga bau sehingga akan sangat mudah mengandung berbagai penyakit. Untuk itu belilah wadah makanan dan sangat disarankan untuk memilih wadah makanan yang berat dan bukan yang ringan karena wadah makanan yang berat tidak akan mudah tergeser atau tumpah.
  • Perhatikan kebersihan kandang, ganti pasir atau serutan kayu yang anda gunakan untuk alas kandang minimal sekali dalam seminggu. Jika anda jarang mengganti pasir dan serutan katyu maka akan membuat hamster anda terlihar lebih lusush dan bulunya terlihar kotor. Sebetulnya salah satu manfaat pasir maupun serutan kayu adalah untuk membersihkan bulu hamster dan juga menyerap air kencing. Jadi jika anda tidak mengganti atau jarang mengganti alas kandang hamster anda maka sama saja anda membiarkan hamster anda menjadi bau dan kotor.
  • Berikan makanan yang memiliki kandungan gizi yang baik dan rendah lemak. Jangan terlalu sering memberikan biji bunga matahri kepada hamster anda. Biji bunga matahari memang merupakan makanan kesukaan hamster akan tetapi biji bungan matahari memang merupakan makanan yang mengandung banyak lemak yang akan membuat hamster anda terkena obesitas yang akan membuat hamster anda terkena sakit jantung. Untuk itu sangat disarankan memberikan makanan yang bervariasi seperti kacang hijau dan juga kedelai yang memiliki kandungan lemak yang minim dan juga kaya akan gizi, begitu juga dengan beras merah yang memiliki banyak kandungan gizi.
  • Jangan memegang hamster saat kondisinya sedang berdiri atau saat mereka sedang bermain, karena hal tersebut akan membuat mereka kaget dan menjadi stres. Untuk itu sangat disarankan untuk memegang hamster dalam keadaan duduk karena hal tersebut akan membuat mereka jauh lebih nyaman.
  • Jangan pernah menjemur hamster anda di bawah terik matahari karena hamster merupakan hewan nokturnal yang lebih banyak menghabiskan waktu di malam hari dan pada siang hari lebih banyak tidur. Untuk itu mereka sangat tidak cocok di jemur di bawah sinar matahari dan jauh lebih baik di taruh di tempat teduh.
  • Hamster adalah hewan yang sangat sensitif terhadap bau dan hamster juga bisa mendeteksi anda dari bau anda sehingga sebelum memgang hamster anda pastikan untuk mencuci tangan anda dengan sabun agar bau asing di tangan anda lenyap. 
  • Jangan Memberikan coklat, jeruk, bawang merah, bawang bombay, bawang putih, seledri, dan daun bawang dan makanan dengan bau aroma yang mencolok lainnya. Walaupun hamster merupakan hewan omnivora yang bisa memakan apa saja, akan tetapi tetap saja hewan ini tidak kuat dengan makanan yang beraroma kuat termasuk aroma eraroma citrus.
  • Hati - hati dalam memandikan hamster langsung di air. Untuk memandikannya cukup dengan merendamnya. Jika anda langsung memandikannya dapat memicu pneumonia, karena mereka merupakan hewan yang sebenarnya barasal dari habitat gurun dan tidak cocok dengan air. 
  • Taruh kandang di tempat yang tidak ramai. Tempat yang bising dan juga ramai akan sangat mengganggu karena mereka pada habitat aslinya lebih menyukai tempat yang sepi  dan juga tersembunyi.
Demikianlah beberapat tips cara memelihara hewan hamster untuk pemula yang bisa saya bagikan untuk netter. Semoga informasi ini bermanfaat bagi yang suka hewan hamster dan juga menjadi inspirasi bagi para netter yang ingin mencoba memelihara hamster.

By : phitoy
Pasar Tambun Online
Pasar Tambun Online Updated at:
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar